Ery

on

Biografi Suzuka Nakamoto [Su-Metal]




Lahir pada 20 December 1997 di Hiroshima. Hiroshima adalah ibukota dari Prefecture Hiroshima, dan kota terbesar di provinsi Chugoki dibarat Honshu, pulau terbesar di Jepang.
Namanya dapat diartikan menjadi 2 arti: “Suzu” artinya “Bel” dan “Ka” artinya “Bau harum” atau “Parfum”. Dia dulu dipanggil “Bellrin Su”. Dia sekarang dikenal dan dipanggil dengan “Su” atau “Su-Chan” atau “Suzuka“.
Pada awal tahun 2000 ia memulai karirnya sebagai model. 3 tahun kemudian di usia 5 tahun Suzuka memenangkan posisi 1 “Jeweldop Fashion Contest” di Sunshine City Alpa. Tempat dimana ia diberi kesempatan untuk memulai karir profesionalnya dengan menjadi bintang iklan Bandai Jeweldrop.
Di usia 8 tahun, pada 2006 ia diterima di Sekolah Aktor Hiroshima  berkat mendapat posisi 1 di Alpark Scholarshop Audition of the School. Sebuah catatan yang menarik tentang Sekolah Aktor Hiroshima, bekas anggota Perfume telah lulus atau menjadi alumni dari Sekolah Aktor tersebut (Suzuka itu fan beratnya Perfume). Di ASH Suzuka bertemu Mariri Sugimoto yang ternyata ikut menjadi anggota Sakura Gakuin juga.
Di akhir tahun itu ada “Merankorinisuta” pada 15th ASH, ia menjadi salah satu penyanyi yang disorot pada event tsb.
Di 2007, Nakamoto Suzuka berumur 9 tahun lolos seleksi untuk menjadi penyanyi untuk Spring Act 2007-nya Sekolah Aktor Hiroshima. Dia menyanyikan lagu “Hikaru Michi“. Di event yang sama ia mengikuti audisi vokal group bersama kakanya Nakamoto Himeka dengan grupnya “Tween“.
Di tahun yang sama, Nakamoto Suzuka mendapat juara 2 pada 2nd Star Kids Audition diadakan oleh company yang membuka lebar pintu menuju masa depannya di dunia hiburan, Amuse Inc. Sebagai juara 2 di event itu, Suzuka di kontrak oleh Amuse Inc.
Pada 2008, Suzuka mengadakan debut pertamanya bersama Karen Girl’s yang di bawah agensi Amuse Inc. Group tersebut beranggotakan Nakamoto Suzuka, Ayami Muto dan Yuika Shima. Genenon Universal Entertainment Japan sebagai record Labelnya. Grup ini dikenal sebagai “adik” dari Perfume. Mereka menyanyikan beberapa lagu Anime “Zettai karen Chirudoren“, Anime dengan 51 episode dengan lagu mereka yang di tayangkan dari 6 April 2008 sampai 29 Maret 2009. Karen Girl’s meluncurkan single pertama mereka, “Over The Future” pada 25 Juni. Single debut itu juga dipakai sebagai lagu pembuka pada anime Zettai Karen Children. Single tsb meraih rank 17 pada weekly Oricon chart dan bertahan selama 11 minggu, terjual hampir 16.000 kopi.
Suzuka perform live beberapa kali bersama Karen Girl’s. pada 28 Juni diadakan live perform di Rondo Robe, CC Lemon Hall. pada 24 Agustus di Makuharu Messe International Exhibition Hall Nº9 untuk Chao & Tutu Summer Festival 2008. pada 30 Agustus di Saitama Super Arena untuk Animelo Summer Live 2008 dan penampilan yang sangat berharga untuknya sebagai member Karen Girl’s.
Sementara itu di tahun yang sama, Suzuka sekali lagi lolos seleksi audisi vokalis solo Sekolah Aktor Hiroshima pada “Autumn Act 2008″, kali ini dengan lagu “Asueno Tobira“.
Single kedua Karen Girl’s, My Wings” diluncurkan pada 26 November 2008. Single tersebut punya 4 lagu : “My Wings“, “Top Secret” dan versi instrumental kedua lagu tersebut. Lagu itu dipakai untuk lagu pembuka kedua di anime Zettai karen Children. Single tsb meraih rank 26 pada weekly Oricon chart.
pada 14 Desember, Suzuka perform live bersama Karen Girl’s di Akihabara UDX untuk “Zettai Karen Broadcasting Stations” sebagai bagian dari ‘Broadcasting events’ untuk anime seri “Zettai karen Children“. Tanggal 21 desember perform live di panggung utama Fuji TV dalam acara “Hot Fantasy Odaiba 2008
Tahun 2009, Karen Girl’s merelease debut dan album pada 25 Februari. Albumnya terdiri dari 7 lagu, “Pikatto Kiratto! Dash Girl’s“, “Over The Future“, “Top Secret“, “Zetaii Love x Love Senzen!!“, “Full Throttle“, “My Wings” dan “Bye! Bye! Bye!“. CD/DVD yang direlease punya CD tracklist yang sama. DVD tracklist: “Over The Future” Music Video, “My Wings” Music Video, dance edit “Over The Future” dan “My Wings” serta “Making of My Wings” dan “Zetta Karen Dakara Makenai! in Okinawa“. Album menduduki peringkat 19 pada Oricon chart dan bertahan selama 3 minggu.
Penampilan terakhir Karen Girl’s adalah perform live di Shibuya Boxx untuk “Karen Girl’s Mission Completion” Special event pada 14 Maret. Sayangnya, seperti yang diperkirakan grup ini dibubarkan 2 minggu setelah event tersebut, pada 31 Maret.
Di tahun yang sama, dia ambil bagian pada “Autumn Act 2009” ASH  dengan lagu “Asu Saku Hana“. Di event yang sama ia juga lolos seleksi audisi vokal grup dengan kakaknya Himeka dengan lagu “Lion“.
Setelah Karen Girl’s dibubarkan, Suzuka melanjutkan karirnya sbg Aktris dan penyanyi pada “Boukensha Tachi” perannya dipanggil “Shioji“.
Pada musim semi 2010, Suzuka sekali lagi ambil bagian pada event ASH, kali ini ya menyanyikan lagu “Onaji Sorawomiageteru“. Di event yang sama dia adalah bagian Act B menyanyikan 2 lagu dengan vokal grup.
Pada 2010, Amuse Inc. membuat Idol Group baru bernama “Sakura Gakuin” dengan Suzukadan Ayami Muto sebagai anggota bersama dengan Teman satu groupnya yang sekarang (BABYMETALKikuchi Moa dan Mizuno Yui. Group ini dibuat untuk mengembangkan bakat bernyanyi, menari dan acting dengan system yang unik dimana anggotanya akan lulus dari Sakura Gakuin bersamaan dengan kelulusannya di Sekolah Aslinya.

Bersambung….
YouTube Official : Silahkan kesini
Sumber : Ilhamsy.com