Ery

on

Biografi Moa Kikuchi [MoaMetal]



Moa Kikuchi lahir pada 4 Juli 1999 di Prefecture Aichi, Region Cubu, Jepang.
Namanya bisa diartikan sebagai “Yang paling disayangi“, dilihat dari caranya berfikir, tingkah lakunya dan bagimana orang orang, fans BABYMETALFukei-San, menyukainya. Arti nama dari Moa ini sangat cocok.
Di tahun pertamanya, bekerja sebagai model dan bintang iklan. Moa dikontrak talent agency Amuse Inc. saat ia berumur 8 tahun dimana ia memenangkan Semi-Grand Prix pada Ciao Girl Audition 2007 yang diadakan oleh Amuse. Audisi itu diikuti lebih dari 10.000 anak, ini event yang cukup besar.
Moa mulai belajar bermain gitar di Aichi di tahun yang sama sedangkan ia pulang pergi setiap bulan ke Osaka untuk mengikuti les/kursus menari dan bernyanyi di Amuse school.
Pada May 2010 dia ambil bagian pada Ciao Girls Event serta beberapa SakuraGakuin member: Nakamoto Suzuka, Mizuno Yui, Horiuchi Marina, dll.
Sebelum Moa bergabung dengan Sakura Gakuoin dia mengikuti audisi untuk ikut Idol group dengan sahabat baiknya Mizuno Yui bernyanyi dan menari lagu “Over The Future” – Karen Girl’s.
Lalu pada 2 Agustus di umurnya yang masih 11 tahun, Moa bergabung bersama Sakura Gakuin bersama dengan teman dekatnya dan sekaligus teman satu grupnya sekarang “BABYMETAL” Mizuno Yui dan Nakamoto Suzuka. hanya 5 hari setelah bergabung dengan Sakura Gakuin, pada 7 Agustus Sakura Gakuin menampilkan debut pertama mereka di Shinigawa Stellar Ball dalam event Tokyo Idol Festival 2010.
“Baton Club” adalah sub-unit pertama Moa sebagai ‘Murid’ Sakura Gakuin dan juga Twinklestars dengan member: Muto Ayami, Iida Raura, Horiuchi marina, Sugisaki Nene, Sato Hinata, Mizuno Yui, lalu kembali bergabung dengan Sub-Unit lain yang ketenarannya melebihi Induknya (SakuraGakuin), BABYMETAL bersama Nakamoto Suzuka sebagai center (main vocal) dan juga Mizuno Yui. Di pertengahan tahun 2010, pada latihan ditemukannya “Heavy Music” group sebagai Sub-Unit dari Sakura Gakuin BABYMETAL” di motori oleh “Kobametal” dan berdasarkan ide (rumor) dari Suzuka untuk membuat grup dengan genre musik yang berbeda, karna alasan itu BABYMETAL terbentuk dengan campuran genre J-POP dan Heavy Metal.
BABYMETAL terdiri dari Nakamoto Suzuka sebagai Su-MetalKikuchi Moa sebagai MoaMetal dan Mizuno Yui sebagai YuiMetal. Mereka mengadakan debut pertama mereka sebagai ‘BABYMETAL‘ saat Sakura Gakuin Festival tahun 2010 di Yokohama Red Brick dengan lagu debut mereka “Doki Doki Morning” pada 28 November.
Di Twinklestars, mereka merelease single pertama mereka “Dear Mr. Socrates” pada 28 November 2010.
Dengan berakhirnya tahun 2010, “Yume Ni Mukatte“, single pertama Sakura Gakuin diluncurkan pada 8 Desember 2010 dengan “Hello! IVY” dan “School Days” sebagai lagu ke 2 dan ke 3 nya. Single pertama itu juga di bonusi Photo card acak dari salah satu member atau foto grup. Singlenya menduduki rank 35 di Oricon weekly charts, dan bertahan selama 2 minggu.
pada 26 January 2011, direlease DVD “Dear Mr. Socrates” dengan MV/MusicVideo (kalo di Jepang, PV). Lagu “Dear Mr. Socrates” dimasukkan kedalam album debut Sakura GakuinMessage yang di release tanggal 27 April 2011 dengan lagu Doki Doki Morning sebagaii lagu ke 9 di daftar lagunya.
Sakura Gakuin merelease Album pertama mereka yang berjudul “Message” pada 27 April 2011 dengan Doki Doki Morning sebagai lagu ke 9. Album tsb menduduki rank 54 di Oricon weekly charts, dan hanya bertahan satu minggu. Sebenarnya Album itu dijadwalkan akan direlease pada 23 Maret, tapi ditunda sampai 27 April karna bencana gempa bumi yang berakibat tsunami yang terjadi di Jepang.
Pada 6 Juli, Twinklestars, Sub unit Sakura Gakuin merelease single ke 2 mereka berjudul “Please! Please! Please” di Regular CD dan CD/DVD dengan 2 versi yang berbeda. CD/DVD versi A diisi dengan lagu “Please! Please! Please” dan “Tenshi To Akuma” ditambah dengan versi instrumental kedua lagu tersebut, sementara pada DVD diisi “Please! Please! Please!” MV dance version dan sesi latihan Twingklestars Baton. CD/DVD versi B dengan daftar lagu yang sama untuk CD dan “Please! Please! Please!” MV dan rekaman proses pembuatan MV tersebut. Lagu tersebut digunakan untuk lagu penutup untuk acara TV Piramekino dan single ini menduduki rank 67 di Oricon charts, dan bertahan selama satu minggu.
Sakura Gakuin kembali merelease album ke dua mereka berjudul “Friends” pada 21 Maretdan “Iine Vega Mix” dimasukkan kedaftar lagi di album tsb. Sebagai anggota Mini PatiMoa bagian dari Yokubari Fiyu Track 6 di album. Album itu menduduki rank 56 di Oricon weekly chart, dan bertahan dalam 2 minggu. DiRelease dengan 4 versi: Limited Edition “Sa”, Limited Edition “Ku”, Limited Edition “Ra”, dan Regular Edition. Limited Edition
pada 24 Maret, Moa sebagai member sub-unit Sleepiece untuk Sakura Gakuin 2011 Nendo Houkago Anthology di Nihonbashi Mitsuhi Hall dimana member Sakura Gakuin melakukan shuffle atau mengacak anggota subunitnya.
pada 25 Maret dengan kelulusan Muto Ayami sebagai presiden Sakura Gakuin sub-unit Twinklestars pun di nonaktifkan. Untuk alasan itu, Moa hanya menjadi bagian dari Mini Pati dan BABYMETAL.
Pada 4 Juni 2012BABYMETAL merelease single ketiga mereka berjudul “Head Bangya!!” dengan lagu baru yang lain berjudul “Uki Uki Midnight“.
pada 6 OktoberBABYMETAL memulai merekam live show mereka untuk direlease sebagai DVD dan Bluray yang kita kenal dengan “Live Legend I,D,Z”. Yang pertama laku terjual, show berlangsung di Shibuya O-East. Di show inilah KAMI BAND debut live show mereka. Dan juga di show ini Moa dan Yui memulai debut sebagai “Black BABYMETAL” sub-unit dari BABYMETAL, membawakan lagu Onedari Daisakusen.
Pada 10 NovemberMoa sebagai Moametal tampil bersama BABYMETAL untuk show luar negri pertama mereka. Di singapore dan bagian dari Anime Festival Asia Singapore 2012 di Singapore EXPO.
Show kedua dari “Legend I,D,Z” bertempat di Akasaka Blitz pada 20 Desember sekaligus merayakan ulang tahun Suzuka Su-Metal Seitansai“, “Legend D“. Ini adalah acara perayaan ulang tahun yang pertama untuk Suzuka di BABYMETAL. di show ini BABYMETAL membawakan lagi “Over The Future” cover dari Karen Girl’s, Lagu yang sama yang dinyanyikan Moa dan Yui saat mengikuti seleksi Sakura Gakuin. “Legend Z” show terakhir dari “Legend I,D,Z” bertempat di Zepp Tokyo pada 1 Februari.
Pada 30 Juni diadakan acara perayaan atau “Seitansai” pertama untuk Moametal dan Yuimetal. bertempat di NHK Hall di Tokyo. Moa menyanyikan “Love Machine” cover dari Morning Musume.
Pada 9 October direlease single untuk album terbaru Sakura Gakuin yang akan direlease ditahun 2014. “Ganbare” dengan peran penting Moa, Single ini sukses menduduki peringkat ke 6 pada Oricon Weekly Chart.
Pada 8 Desember 2013 untuk live konser dalam rangka 3rd Anniversary-nya Sakura Gakuin di Tokyo Amuse Musical Theater, Moa menampilkan penampilan yang spesial bersama Marina Horiuchi dengan “M&M” dan juga menampilkan penampilan lain dengan sub-unit “Sleepiece” dengan Sato Hinata dan Mizuno Yui. (shuffle).
Pada Juli 2014BABYMETAL sukses menapaki kaki di Eropa untuk show pertama mereka di luar Asia, tampil di Prancis, Jerman dan Inggris. Di Jerman, di Live Music Hall of Koln, diadakan Legend M untuk merayakan  Moametal “Seitansai” untuk yang kedua kalinya dimana Moa mengambil alih posisi Suzuka di bagian kedua Head Bangya. Di Inggris pada 5 Juli 2014, BABYMETAL tampil di ajang bergengsi, Sonisphere Festival ditonton lebih dari 50 ribu metalhead.
pada 27 September 2014 diumumkan bahwa Twinklestar sub-unit pertama Sakura Gakuin akan diaktifkan kembali dengan lineup : Kikuchi Moa, Mizuno Yui, Notsu Yunano, Kurashima Sara dan Yamaide Aiko.
Pada 22 October direlease single untuk album yang selanjutnya. “Haato No Hoshi” dengan peran Moa di lagu ini dan juga sebagai leader di MVnya. DVD Single ini menduduki peringkat 4 Oricon weekly charts, bertahan selama 3 minggu.
Pada 7 Desember 2014, Sakura Gakuin tampil untuk terakhir kalinya di tahun 2014. Bertempat di Kaat, Yokohama dengan tiket habis terjual. Di event ini Sakura Gakuin menampilkan shuffle unit kembali dengan Moa bersama yui, Rinon dan Aiko melakukan “Yosouijou No Smash” di Tennis Club “Pastel Wind”. Juga di show ini Aiko dan Megumi membawakan “Onedari Daisakusen” yang biasa di bawakan oleh Moa dan Yui sebagai Black BABYMETAL di BABYMETAL.
Pada 20 Desember di Toyosu PIT Tokyo diadakan “Su-Metal Seitansai” untuk yang ke3 kalinya, dikenal pula dengan “Apocrypha-S“. Di show ini pula di tampilkan lagu baru mereka. dan juga Suzuka perform “Onedari Daisakusen” bersama Moa dan Yui. Momen pertama kalinya dimana lagu Onedari Daisakusen diisi dengan 3 orang.
26 Desember 2014 adalah hari terbaik untuk Kikuchi Moa dan BABYMETAL. Dimana babymetal perform live pada Music Station di TV Asahi. BABYMETAL membawakan lagu Ijime Dame Zettai dimana sekitar 15% penduduk Jepang menonton acara tersebut, dan berarti, jutaan orang termasuk di luar Jepang ikut menonton mereka.
Pada 12 Januari 2015Ikuo Minewaki President Tower Records menyatakan dirinya sebagai pengagum berat Kikuchi Moa pada Interview bersama Entamenext.
Pada 15 FebruariKikuchi Moa tampil pada show “Happy Valentine” terakhirnya sebagai SakuraMember. Pada show ini pun Sakura Gakuin menampilkan lagu baru mereka “Heart No Hoshi” dan “Aogeba Toutoshi“.

Bersambung….
NOTE : Menurut mimin Biografi YuiMetal sama MoaMetal hampir sama dari sekolah sampai sekarang ^_^
YouTube Official : Silahkan Kesini
Sumber : Ilhamsy.com